Ayam Tangkap special Aceh Besar

Jumat, 30 Maret 2012

Ada banyak sekali ragam citarasa makanan dari olahan Ayam, memang ayam begitu populer diseluruh dunia. Tidak terkecuali di Indonesia, kita mengenal begitu banyak nama makanan yang diawali dengan ayam, seperti ayam bakar, ayam goreng, ayam penyet, ayam rendang dll. Bahkan di berbagai wilayah memiliki sebutan tersendiri.

Kalau anda pernah ke Aceh khususnya ke Banda Aceh dan Aceh Besar, tentu mengenal satu menu istimewa yang disebut Ayam Tangkap. Konon nama ini diberikan karena ayam yang disajikan sebagai menu special ini adalah ayam kampung, jadi mesti ditangkap dulu.. mm bisa jadi ya?
DI Aceh, kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat Aceh. Utamanya bagi saat kenduri, atau disaat bulan Ramadhan, biasanya ayam tangkap disajikan bersama sate, ikan bakar, gulai plieku, dan emping goreng.

Pengolahan ayam ini tidaklah sulit, hanya digoreng yang sebelumnya sudah diberi bumbu terlebih dahulu agar gurih saat disantap. Bumbu yang digunakan seperti bawang putih, lada, kemiri, garam, dan jahe.

Setelah dibumbui, ayam lalu digoreng sekitar 5–10 menit. Pada saat bersamaan, dimasukkan beberapa genggam daun yang akan disajikan bersama ayam. Jadi, rasa rempah dedaunan turut meresap ke dalam daging ayam.

Daun yang digunakan, di antaranya daun kari, potongan daun pandan, dan salam koja. Dedaunan itu pula yang kemudian menutupi sajian ayam tangkap di setangkup piring. Tak ayal, bercampurlah aroma wangi dedaunan.

Setelah ayam matang, dedaunan ini memang tetap disajikan dengan menutupi ayam. Jadi, ayam sengaja diletakkan di bawah dedaunan. Dedaunan ini selain sebagai daya tarik hidangan, sekaligus bisa dijadikan sebagai lalapan kering pelengkap potongan ayam. Kalau masih hangat, dedaunan ini kering dan krenyes, seperti kerupuk.

Ayam tangkap mulai melejit pada 1990-an dan hingga kini masih menjadi pilihan para wisatawan dari luar  Aceh. Respons yang diberikan penikmat kuliner ini pun cukup positif. Terbukti, kunjungan ke Aceh bagi sebagian orang belum lengkap tanpa singgah di warung makan dan mencicipi ayam tangkap yang kelezatannya tak diragukan lagi.

Di Aceh, untuk mencari masakan ini tidak sulit. Sajian ayam tangkap yang merupakan makanan khas Aceh Besar ini bisa dijumpai di beberapa restoran di Banda Aceh, termasuk di Aceh Besar.

0 komentar: