Tahu Gejrot

Sabtu, 21 April 2012

13294520522085795162
Mungkin sebagian orang masih asing mendengar nama makanan yang satu ini, tahu gejrot itulah nama salah satu dari ribuan makanan khas Nusantara. Nama makanan ini memang cukup unik, makanan ini merupakan makanan khas dari Kota Cirebonkota yang dikenal dengan kota udang ini sebenarnya mempunyai beberapa makanan khas, namun salah satu yang menarik adalah tahu gejrot. Saat ini tahu gejrot sudah menyebar ke beberapa wilayah di tanah air misalnya di Jakarta. Pada umunya makanan ini dipasarkan dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, walaupun ada juga yang dujual di rumah.
Sayangnya asal usul makanan khas ini tak banyak orang yang tahu, namun menurut informasi yang didapat dari hasil pencarian di internet, makanan khas ini sudah ada sejak indonesia belum merdeka. Bagi para petualang kuliner nusantara disarankan untuk langsung mengunjungi kota asal makanan khas ini, yakni Cirebon, hal itu untuk mengetahui asal usul atau sejarah makanan unik ini. kalau dilihat dari bentuknya makanan ini memang terlihat kurang menarik dibanding makanan-makanan khas lainnya, namun sebelum mencoba sendiri sebaiknya jangan menilai dulu, seperti kata pepatah “jangan melihat sesuatu hanya dari luarnya saja”. Jadi harus mencoba dulu.
Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan makanan ini cukup mudah dicari serta gampang dipelajari, bahan bakunya antara lain tahu, bawang merah, cabe, kecap dan asam, namun konon tahu yang digunakan pada makanan ini sudah hadir sebelum Indonesia merdeka ini adalah tahu tanpa rasa alias tawar. Cara pengajiannya juga cukup mudah yakni tahu dipotong-potong, kemudian bawang dan cabe juga dipotong-potong kecil lalu di campur dan dituangkan air yang merupakan campuran kecap dan asam kemudian siap dinikmati.

0 komentar: